Wujudkan 500.000 eksportir baru bersama Shopee dan Sekolah Ekspor

 

Webinar Wujudkan 500.000 Eksportir bersama Shopee dan Sekolah Ekspor

 

Ribuan UMKM sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti program Shopee bersama Sekolah Ekspor sejak diluncurkan awal Maret 2021

Lensahati.com-Jakarta. Satu bulan berjalan semenjak kolaborasi yang disinergikan antara Shopee dan Sekolah Ekspor untuk mewujudkan 500.000 Eksportir di tahun 2030, antusiasme para pelaku UMKM yang tergerak untuk memperluas jangkauan produk pun terus meningkat.

Berbagai UMKM dari seluruh daerah di Indonesia bersemangat untuk mendaftarkan diri, dalam mengikuti program ini untuk menjalankan berbagai kurikulum yang diberikan oleh Sekolah Ekspor yang selanjutnya akan dibantu oleh Shopee untuk implementasi ekspor ke berbagai negara ekspor Shopee seperti Singapura, Malaysia, Filipina, serta Thailand dan Vietnam yang telah berjalan di awal bulan ini.

R.S Hanung Harimba Rachman, Deputi Usaha Kecil dan Menengah, Kementerian Koperasi dan UKM menyampaikan, turut senang dan mengapresiasi langkah nyata yang dilakukan oleh Shopee bersama dengan Sekolah Ekspor dalam memberikan ruang kepada para pelaku UMKM di Indonesia untuk dapat terus berkembang, terutama dalam menyalurkan produk ke luar negeri.

“Dengan hadirnya platform Shopee di negara-negara luar Indonesia, kami harap minat pasar global terhadap produk-produk asli buatan UMKM Indonesia akan semakin mudah untuk ditemukan,” ujar Rachman melalui keterangan tertulis.

Ia menjelaskan, sejak dibukanya program ini, sudah ada lebih dari 1000 UMKM terdaftar dan siap menjalani pelatihan dan pendampingan bersama Shopee. UMKM yang sudah terdaftar, berasal dari berbagai macam kategori produk mulai dari makanan dan minuman, pakaian, dekorasi rumah serta berbagai kategori lainnya yang sudah terdaftar.

Bersama dengan Sekolah Ekspor, para peserta terdaftar akan mengikuti berbagai kurikulum dengan menjalankan kelas mulai dari tingkat dasar (elementary level) sampai dengan tingkat perkembangan berkesinambungan (post recurrent level) yang akhirnya lulus dari program dan sudah siap didaftarkan untuk mengikuti kelas lanjutan dan pendampingan pelatihan bersama Shopee dalam menerapkan literasi digital dan bersiap untuk mengekspor produk ke luar negeri.

Sementrara itu, Handito Joewono, Kepala Sekolah Ekspor memaparkan kehadiran Shopee yang sejalan dengan visi dan misi kami untuk mendorong dan mengembangkan UKM khususnya untuk ekspor, semakin menguatkan sinergi yang kami jalankan terlebih dengan adanya dukunganteknologi serta luasnya peluang market yang dimiliki Shopee di negara lain untuk produk lokal di Indonesia.

“Dengan semakin banyaknya akses yang diberikan bagi para UMKM untuk dapat mengekspor produk, dapat membuat para UKM terus optimis dalam menggiatkan bisnis terutama di masa pandemi ini,” katanya.

Radytio Triatmojo, Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Shopee Indonesia, berharap kedepannya semakin banyak UMKM yang mendaftarkan diri untuk bisa bergabung bersama kami dan Sekolah Ekspor dan menambah variasi dari kategori produk yang akan diekspor. Sebagai platform e-commerce yang berkomitmen untuk turut ikut serta dalam mendorong dan mendukung keberlangsungan UMKM di Indonesia, dengan adanya sinergi ini.

“Kami berfokus untuk dapat senantiasa mendorong UMKM untuk menjangkau cakupan global, serta meningkatkan eksistensi karya lokal berstandar global di mancanegara,” imbunhya.

Wahyuni, sebagai penjual yang sudah menyelesaikan kurikulum dari Sekolah Ekspor dan siap untuk diberikan edukasi dan pelatihan di Shopee, menyampaikan sangat senang sekali dengan adanya program yang diberikan oleh Sekolah Ekspor bagi kami para pelaku UKM.

Terlebih lagi dengan kerjasama yang dilakukan bersama Shopee, lanjut dia, semakin meningkatkan optimisme untuk bisa menerapkan literasi digital ekspor ke berbagai negara tujuan ekspor Shopee.

“Saya berharap Shopee dapat terus memberikan berbagai program dan inisiatif yang menarik dan akan semakin banyak para pelaku UMKM juga yang tergerak untuk bisa ekspor produk dengan mudah bersama dengan Shopee,” pungkasnya.

Program yang disinergikan oleh Shopee bersama dengan Sekolah Ekspor terbuka untuk publik. Bagi para pelaku UMKM yang ingin mendaftar, dapat mengakses tautan http://bit.ly/RegSekolahEksporShopee.Unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play dan segera aktifkan ShopeePay.

Tentang Shopee
Sejak tahun 2015, Shopee Indonesia merupakan perusahaan e-commerce yang telah menghubungkan konsumen, penjual, dan bisnis.

Shopee menghadirkan pengalaman yang mudah, aman, dan menarik untuk dinikmati jutaan pengguna setiap harinya.

Kamimenawarkan beragam pilihan produk yang luas, didukung oleh sistem pembayaran dan logistik yang terintegrasi, serta fitur hiburan populer yang disesuaikan untuk kebutuhan pengguna kami.

Shopee ikut membantu perkembangan ekonomi digital di Indonesia dengan komitmen kuat untuk membantu usaha mikro, kecil dan menengah lokal sukses di dunia e-commerce.
Shopee adalah bagian dari Sea Limited (NYSE:SE), perusahaan konsumen global terkemuka berbasis internet.

Misi Sea adalah untuk membuat kehidupan yang lebih baik bagi para konsumen dan juga usaha kecil dengan menggunakan tekhnologi.

Selain Shopee, bisnis inti Sea lainnya mencakup bagian hiburan digital, Garena, dan layanan keuangan digital, seperti ShopeePay and SPayLater.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:

Abelia Christie
Public Relations | Marketing abelia.manurung@shopee.com

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x