Seroja mengamuk, Bupati Sumba Timur perkuat sinergisitas

Akibat hujan lebat, air bendungan Lambanapu di Sumba Timur meluap

Meski dampak bencana melanda hampir semua kecamatan di Kabupaten Sumba Timur. Namun sampai saat ini belum ada laporkan korban jiwa akibat bencana tersebut.

Lensahati.com-Sumba Timur. Bebeberapa hari ini badai Seroja melanda Provinsi Nusa Tenggara Timur. Salah satu Kabupaten yang mengalami dampak dari badai tersebut adalah kabupaten Sumba Timur.

Angin kencang dan hujan lebat menyebabkan semua fasilitas lumpuh total. Jaringan listrik, telephone seluler dan air bersih sulit diakses oleh masyarakat setempat.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Pelaksana Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumba Timur, Mikael Jaka Laki ketika dihubungi, Rabu (7/4).

Ia menjelaskan, hampir semua kecamatan di Kabupaten Sumba Timur mengalami dampak badai Seroja. Banjir, tanah longsor, pohon tumbang serta banyak rumah warga yang rusak, sehingga membutuhkan pelayanan yang luar biasa.

Selain merusak rumah warga, kata Mikhael, badai Seroja juga merusak infrastruktur seperti jembatan dan bendungan. Saat ini, kata dia, tim gabungan sedang melaksanakan pendataan.

Dikatakannya, akibat badai Seroja, akses transportasi dari kabupaten ke kecamatan dan desa terputus. “Hal ini membuat situasi semakin mencekam,” ucapnya.

Kendati demikian, kata Mikael, seluruh pemangku kebijakan mulai dari pemerintah kabupaten, kecamatan, desa, TNI, Polri, Tagana, bersinergi untuk mengantisipasi dan menangani masyarakat terdampak bencana.

Disampaikannya, bahwa bupati Sumba Timur Christofel Praing menegaskan tentang pentingnya sinergisitas.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Sumba Timur ketika memimpin rapat koordinasi lintas intansi untuk menangani hampir 20 ribu pengungsi.

“Posko dan tenda telah dibangun yang menyiapakan makanan, minuman dan obat-obatan,” ungkap Mikhael.

Ia juga memaparkan, untuk sementara pihaknya fokus mengevakuasi masyarakat terdampak bencana.

Selain itu, kata dia, pihaknya membersihkan pohon-pohon tumbang yang menggangu akses transportasi, sehingga memudahkan mobilisasi logistik untuk warga yang mengungsi.

Ditegaskannya, meski dampak bencana melanda hampir semua kecamatan di Kabupaten Sumba Timur. Namun sampai saat ini belum ada laporkan korban jiwa akibat bencana tersebut.

Ia menambahkan, Bupati Sumba Timur, mengimbau kepada masyarakat Sumba Timur agar tetap waspada dan menjauhi lokasi yang rawan bencana dengan mengungsi ke tempat yang lebih aman. (YS)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x